semiotika kehidupan saya sehari hari

Semiotika merupakan ilmu yang tengah banyak diperbincangkan dan dikaji dalam berbagai bidang. Hal tersebut karena semiotika mampu menjadi pisau analisis lintas disiplin yang dapat diandalkan, serta memberikan hasil data yang kaya untuk disimpulkan. 

Contoh dalam kehidupan sehari hari saya adalah saya memberi semangat kepada abang saya yang sedang melaksanakan sidang skripsi kuliahnya. Saya memberi semangat dengan cara mendukungnya sebelum dia berjalan menuju ke kampus nya untuk sidang skripsi. Dalam hal sperti ini menunjukan sebagai tanda untuk membuatnya semakin yakin dalam malakukan sidang skripsi. Makna yang saya sampaikan kepada abang saya yang sedang menuju untuk sidang skripsi maka komunikasi berjalan.

Tanda seperti ini adalah tanda konvensional yang biasa dinamakan simbol. Jadi, simbol adalah tanda yang menunjukkan hubungan alamiah selang penanda dengan petandanya. Hubungan di selangnya bersifat arbitrer, hubungan berlandaskan konvensi penduduk. Berlandaskan interpretant, tanda (sign, representamen) dibagi atas rheme, dicent sign atau dicisign dan argument. Rheme adalah tanda yang memungkinkan orang menafsirkan berlandaskan pilihan. Dicent sign atau dicisign adalah tanda berlandaskan dengan kenyataan. Sedangkan argument adalah yang langsung memberikan alasan tentang sesuatu.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Objek Kajian Semiotika "Lukisan Karya Reza Sastra Wijaya"

Analisis penggunaan Bahasa pada konten Reza Arap